Kamis, 03 Mei 2012

MENGEMBANGKAN SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK


MENGEMBANGKAN SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR YANG BAIK
            Di dalam pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik ini, siswa dapat melakukannya dengan perbuatan. Tidak hanya sekedar di baca lalu di abaikan. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik :
1.      Membuat Jadwal dan Pelaksanaannya.
Siswa dapat membagi waktu dengan baik agar dapat membantu proses belajar dan belajar itu sendiri dengan baik dan bisa teratur.
http://id.kumonglobal.com/image/id_01_120_pht_03.jpg
2.      Mengulangi Lagi Pelajaran yang Di Ajarkan Disekolah.
Cara ini dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, karena hal tersebut mencerminkan sikap belajar yang rutin.
3.      Membaca dan Membuar Catatan
Dalam setiap pelajaran apapun selalu ada membaca, walaupun bacaannya hanya satu atau dua kalimat. Dan bacaan itu harus di catat yang penting-penting saja. Apabila sewaktu-waktu siswa lupa tentang bacaan tersebut, siswa dapat membuka catatannya kembali.
http://id.kumonglobal.com/image/id_01_160_pht_04.jpg
4.      Mengerjakan tugas
Sama seperti membaca dan mencatat, tugas selalu ada dalam setiap harinya. Baik tugas kelompok maupun individu. Sesulit apapun tugas tersebut, siswa pasti dapat mengerjakannya. Dengan cara bertanya kepada guru, orang tua, teman, kakak, saudara, tetangga, dll. Tetapi siswa harus mengerjakan tugas tersebut. Karena tugas dapat menambah nilai siswa.
5.      Peran Orang Tua
Peran orang tua sangat penting untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Karena jika sewaktu-waktu siswa dapat bertanya kepada orang tua. Tetapi, siswa juga harus bisa mandiri. Tidak boleh hanya mengandalkan jawaban dari orang tua.
http://id.kumonglobal.com/image/id_01_160_pht_02.jpg
6.      Music Classic
Walaupun siswa dalam keadaan belajar yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Nemun, siswa juga membutuhkan music classic untuk mencerna pelajaran yang sedang di pelajari. Pernahkah siswa mengetahui sebuah kata bahwa selama ibu hamil harus sering di dengarkan music classic? Hal itu karena agar bayi dalam kandungan ibu menjadi lebih cerdas.
7.      Belajar Secara Continue
Artinya belajar secara urut atau bertahap setiap harinya. Supaya kita dapat memahami pelajaran tersebut dengan jelas.

0 komentar:

wibiya widget

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Visitor

free counters

Translate