Selasa, 13 Maret 2012

9 Makanan Untuk Tidur Berkualitas



9 Makanan Untuk Tidur Berkualitas

1.      Keju Lembut
                  Keju lembut adalah sumber protein yang sempurna sebelum tidur, karena mengandung protein kasein yang lambat dicerna sehingga akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot selama berjam-jam dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

2.      Non-Fat Popcorn
                  Cobalah Anda konsumsi popcorn 1,5 jam sebelum tidur. Karbohidrat ini akan merangsang tubuh untuk memproduksi hormone serotonin. Tapi jangan sekali-kali Anda gunakan mentega dalam membuatnya karena lemak yang terkandung dalam mentega dapat memperlambat proses pencernaan sehingga menimbulkan penimbunan lemak.

3.      Oatmeal
                  Kebanyakan orang berfikir bahwa oatmeal sebagai sarapan. Namun, fakta menyebutkan kardohidrat menyebabkan pelepasan serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormone yang membuat Anda mampu mengurangi stress dan menempatkan Anda dalam keadaan yang jauh lebih tenang.
                  Anda boleh mencoba memotong apel menjadi 2 bagian dan tambahkan pada oatmeal dengan sedikit kayu manis. Sajikan dengan percikan susu skim jika diperlukan. Coba pula makan oatmeal instan yang diberi topping potongan pisang yang mengandung metatonin tinggi.
4.      Kentang
                  Untuk efek menenangkan, coba Anda rebus atau panggang kentang dengan susu hangat.   

5.      Kacang Tanah
                  Kacang Tanah adalah sumber yang kaya niacin yang merupakan nutrisi untuk meningkatkan pelepasan serotonin di dalam tubuh.
                  Coba Anda makan juga sepotong roti gandum diolesi dengan selai kacang (dalam porsi yang wajar) untuk hasil terbaik. Coba pula Anda makn segenggam kacang Almond yang dapat membantu Anda tidur lelap karena mengandung tritofan dan magnesium yang mampu merelaksasikan otot.

6.      Biji Rami
                  Ketika Anda suntuk dan sulit tidur, coba Anda tambahkan dua sendok biji rami ke oatmeal. Biji-biji ini kaya akan Omega 3 yang akan memperbaiki mood Anda secara alami.

7.      Roti Gandum
Memakan sepotong roti gandum dengan the yang dicampur madu akan mengantarkan trotofan ke otak yang lalu akan dikonversikan menjadi serotonin. Sehingga Anda merasa ingin segera terlelap.

8.      Plain Yoghurt
Plain Yoghurt adalah sumber lysine terbaik, sedangkan kacang-kacangan mengandung arginie yang tinggi. Jika keduanya digabungkan maka akan menghasilkan timbulnya protein yang cukup besar.
                  Jika mengkonsumsi keduanya saat siang hari, maka akan mengurangi perasaan tertekan dan stress yang berlebihan. Jika dimakan sebelum tidur, maka dapat menimbulkan tidur secara berkualitas.

9.      Pretzel
Pretzel adalah salah satu makanan rendah kalori dan rendah lemak namun menjadi sumber karbohidrat. Jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, maka Anda dapat merasakan kantuk.       

0 komentar:

wibiya widget

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Visitor

free counters

Translate